Minggu, 06 Desember 2020

Seni Kaligrafi Jepang

 

Seni menulis indah yang lebih dikenal dengan istilah kaligrafi sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Kaligrafi pertama kali berkembang di negeri China. Selain China, negara yang juga terkenal dalam dunia kaligrafi internasional adalah Arab. Mulanya kaligrafi hanya mengutamakan keindahan tulisan saja, namun lama-kelamaan mengarah kepada sebuah seni.

Di negara Jepang, seni kaligrafi mulai dikenal pada abad ke 17 bersamaan dengan penyebaran agama Budha dari India di mana saat itu kitab suci Budha ditulis dengan kaligrafi China. Seni kaligrafi ini dalam bahasa Jepang disebut shodo. 

Meskipun shodo merupakan kebudayan yang cukup kuno, namun orang Jepang masih mempertahankan kebudayaan itu, terbukti hingga saat ini masih banyak orang yang tertarik untuk mempelajarinya, bahkan di sekolah-sekolah para murid biasanya diajarkan shodo.

Pengetahuan akan shodo ini adalah salah satu langkah yang penting di dalam memahami budaya Jepang. Bukan hanya sebuah latihan menulis yang baik, tetapi lebih merupakan perwujudan skill dan imajinasi seseorang sebagai tempaan ketelitian, kerapian, kesesuaian/kedisiplinan serta kreativitas.

Sekilas shodo tampak mudah dibuat, namun orang yang masih pemula akan langsung mengalami kesulitan saat mencobanya, karena banyaknya hal yang harus diperhatikan, mulai dari keseimbangan bentuk tulisan, tarikan garis, tebal-tipisnya garis hingga irama tulisan.

Yang tak kalah penting adakah bahwa karakter yang di tulis di sebuah karya seni kaligrafi hanya boleh di tulis satu kali coretan. Tidak boleh ada pengulangan, penambahan atau finishing di suatu karya seni kaligrafi.

Berikut ini adalah potret kegiatan para siswa SMK Putikecwara dalam berlatih shoudo di tahun 2018. Banyak siswa yang merasa kesulitan dalam prosesnya, namun banyak pula yang merasa tertantang dan tertarik pada salah satu budaya khas negeri matahari terbit ini.




  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

QUIZ ONLINE (Mengenal Kota Wisata Batu)

  Assalamualaikum Gaes Kamu tau kota Batu kan? Kota Batu itu kan kota wisata, otomatis di kota ini banyak sekali objek wisatanya dong, ora...